Cara menciptakan kepuasan pelangan

Menciptakan kepuasan pelanggan

happy facekepuasan pelangan merupakan suatu hal yang sangat penting di dalam kelangsungan hidup suatu perusahaan.suatu perusahaan yang mampu menciptakan kepuasan pelanggan dapat dipastikan akan sukses sebenarnya apa sih kepuasan pelangan itu?

Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja yang dirasakan dibandingkan dengan yang di harapka .kepuasan pelangan sepenuhnya dapat di bedakan dalam tiga kriteria yaitu:

  1. 1. Memenuhi kebutuhan kebutuhan dasar pelanggan
  2. 2. Memenuhi harapan pelanggan yang memungkinkan mereka melakukan pembelian kembal
  3. 3. Melakukan apa yang lebih dari yang di harapkan pelanggan

Strategi pemasaran dapat dikatan erhasil apabila telah mampu mencapai level yang ke tiga

Untuk mencapai kepuasan pelanggan dalam kontek kehidupan industri diperlukan beberapa kondisi dibawah ini

  1. a. Filosofis kepuasan pelanggan
  2. b. Mengenal dan mengetahui kebutuhan dan harapan pelanggan
  3. c. Membuat standar dan pengukuran kepuasan pelanggan
  4. d. Orientasi pada karyawan
  5. e. Pelatihan
  6. f. Keterlibatan karyawan
  7. g. Pengakuan

Sedangkan dalm kontek karyawwan ada 4 kriteria yang harus dimiliki karyawan untuk mencapai kepasan pelanggan

  1. a. Keterampilan
  2. b. Efisiensi yaitu target zerodefect dan tepat waktu deadline
  3. c. Ramah
  4. d. Rasabangga

Mengetahui pelanggan dan apa yang diharapkan pelanggan sangat penting dalam mencapai kepuasan pelanggan

Siapa yang disebut pelanggan

Pelanggan adalah setiap orang ,unit atau pihak dengan siapa kita bertransaksi baik langsung maupun tidak langsung dalam penyediaan product

Pada dasarnya ada 2 jenis pelanggan yaitu

1 pelangan external

Pelanggan extenal adalah orang diluar industri yang  menerima produk industri tersebut beberapa hal kepuasanyang diperlukan oleh pelanggan external adalah

  1. a. Kesesuaian dengan kebutuhan akan produk
  2. b. Harga yang kompetitif
  3. c. Kalitas dan realibilitas
  4. d. Pengiriman yang tepat waktu
  5. e. Pelayanan purnajual

2. pelanggan internal

Adalah orang yang melakukan proses selanjutnya dari suatu pekerjaan .pelanggan internal merupakan seluruh karyawan didalam industri

Hal yang diperlukan oleh pelanggan internal adalah

  1. a. kerja kelompok atau kerjasama
  2. b. struktur dan sistem yang efisien
  3. c. pekerjaan yang berkualitas
  4. d. pengiriman yang tepat waktu

posting selajutnya saya akan membahas bagaimana mengetahui apa yang diharapkan  pelanggan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: