lowongan pekerjaan di singapura

Negara Singapura adalah salah satu Negara cukup dipandang di Asia Tenggara bahkan di Asia. Singapura sendiri jika ditinjau dari segi wilayah sebenarnya ukurannya tidak lebih besar dari Pulau Batam Indonesia. Namun untuk masalah tentang menjanjikan taraf kehidupan yang lebih baik, maka tak heran kebanyakan orang  mengatakan mendapatkan uang di Negara tersebut lebih baik dari pada di Batam.

Untuk mendapatkan kerja di Singapura sebenarnya bisa dibilang susah-susah gampang, seperti layaknya Anda jika berminat kepada bisnis on line , maka juga kurang lebih dapat dikatakan demikian. Mungkin sebagian besar dari Anda berpikir bahwa cari kerja di dalam negeri saja susah, apa lagi cari kerja di luar negeri. Terutama bagi Anda yang memang jago dibidang tenaga ahli, meka kesempatan besar telah menunggu Anda.  Memang pernyataan tersebut ada benar-nya namun terkadang juga bisa berbalik 180 derajat. Mungkin beberapa tips di bawah ini akan sedikit membantu Anda dan mungkin juga dapat merubah pandangan kita bahwa cari kerja dengan cara pintar adalah solusi terbaik untuk Anda yang sangat membutuhkan lowongan kerja:

Pertama: Mencari Informasi Lowongan kerja di Singapura

Pada poin ini, bagi Anda yang saat ini masih tinggal di dalam negeri, namun ingin mendapatkan informasi yang sebanyak-banyaknya maka suka tidak suka Anda sangat disarankan untuk mencari informasi lowongan pekerjaan tersebut diinternet. Salah satu beberapa contoh yang dimaksud diantaranya adalah mencari lowongan bisa didapatkan di jobsearch seperti:

  1. http://www.jobsdb.com.sg
  2. http://www.monster.com.sg
  3. http://www.jobstreet.com.sg

Dengan menggunakan fasilitas ini, maka untuk pengiriman CV atau resume Anda dapat dilakukan secara on line (bagi Anda yang tinggal di luar Singapura) dan mengirimkannya secara langsung ke perusahaan yang bersangkutan jika Anda tinggal di Singapura. Jika Anda mengirimkan CV secara langsung  maka tugas penting yang wajib Anda lakukan adalah dengan cara memastikan bahwa agen dari perusahaan tersebut benar-benar membutuhkan pekerja yang sesuai dengan bidang Anda. Dan poin penting yang harus kita perhatika bahwa, tidak ada pemungutan uang selama Anda melakukan wawancara dan proses seleksi kerja di Singapura, oleh karena itu jangan sampai Anda kena tertipu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab!

Ke-dua: Memahami dan Menguasai Konsep Wawancara

Wawancara atau interview kerja adalah titik awal pintu pembuka hubungan antara Anda dan perusahaan, maka lakukan pula secara maksimal untuk tahap ini. Untuk bekerja di luar negeri bagi Anda yang masih tinggal di tanah air, maka biasanya jika lamaran CV atau resume kerja Anda diterima, biasanya pihak perusahaan akan menghubungi Anda via telepon. Namun poin plus bagi Anda yang sudah tinggal di Singapura, karena Anda akan di wawancari secara langsung, sehingga kesempatan Anda lebih besar jika Anda dalam posisi ini. Karena perusahaan sendiri pastinya akan lebih puas jika dapat bertemu dengan Anda ketika melakukan wawancara.

Namun bagi Anda yang tinggal di dalam negeri jangan berkecil hati, karena menurut pengalaman apapun keadaannya, jika Anda memang ahli dibidangnya, maka percayalah perusahaan tersebut akan mengalah untuk mendapatkan Anda.

Namun bagaimana keadaannya jika Anda diwajibkan datang untuk melakukan wawancara? Jika hal ini terjadi memang sangat susah untuk dilakukan, namun jika tekad Anda besar maka bisa saja hal ini dapat diatasi. Cara simple yang mungkin dapat Anda lakukan adalah dengan cara melakukan negoisasi secara ulet kepada perusahaan tersebut. Mintalah agar perusahaan tersebut bersedia untuk membiayai semua aktifitas Anda selama seleksi, termasuk biaya perjalanan Anda untuk wawancara ke Singapura. Jika cara ini tidak berhasil, maka Anda suka tidak suka harus merogoh kocek pribadi. Cara yang paling irit dari single fighter ini adalah dengan melalui lintas transportasi di Batam dan fiskalnya (sekitar kurang lebih Rp 500.000,00).

Ke-tiga: Mendapatkan Izin Kerja

Jika Anda ingin perkerjaan Anda mendapatkan berkah, maka Anda harus mendapatkan izin untuk melakukan pekerjaa tersebut dari pihak keluarga, dan begitu pula jika Anda ingin pekerjaan yang Anda jalani memiliki status legal, maka Anda harus mendapatkan izin dari pemerintahan Singapura. Dalam hal ini yang dimaksud adalah izin visa untuk kerja di Singapura. Namun untuk hal ini tidak usah dipikirkan terlalu berat, karena jika memang perusahaan yang telah menerima Anda itu memang benar-benar bonafit, maka biasanya dari pihak perusahaan yang akan menyiapkan ini semua, sehingga yang perusahaan inginkan adalah hanyalah Anda harus konsentrasi pada pekerjaan Anda dan memberikan terbaik bagi perusahaan (karena itulah Anda mendapatkan gaji,  olehkarenaya seyogyanya harus professional). Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana caranya mendapatkan visa kerja bisa langsung Anda kunjung di:

http://www.mom.gov.sg

Sebagai tambahan informasi, dan supaya kesannya objektif penulisan artikel ini, pemerintahan Singapura sendiri mengutamakan tenaga kerja dari dalam negeri atau jika-pun dari asing maka diutamakan pada pihak tenaga asing yang memegang hak permanent resident (PR). Tapi lagi-lagi jangan berkecil hati, karena sekali lagi perlu ditekankan bahwa masih banyak lowongan yang membutuhan tenaga kerja ahli yang jarang ada di Singapura, maka jika memang Anda ahli dan berbakat dalam bidang tertentu dan sangat jarang dimiliki oleh kebanyakan orang di Singapura, maka kesempatan besar tersebut akan selalu menanti Anda. Jadi kuncinya adalah harus jeli dan telaten dalam memanfaatkan peluang potensial yang terdapat pada diri Anda sendiri.

Ke-empat: Mengetahui Tentang Standar Gaji di Singapura!

Untuk mengetahui informasi berapa kira-kira gaji dan jumlah uang salary yang Anda inginkan (seusai dengan bidang Anda) jika kerja di Singapura maka dapat langsung saja melakukan survey di:

http://www.kellyservices.com.sg

Kemudian untuk gambaran biaya hidup dimana pastinya hal ini tergantung pada pola gaya hidup Anda dan sangat menentukan keputusan untung ruginya jika kerja disana, berikut ini sedikit gambarannya untuk biaya hidup per-bulannya:.

–        Sewa flat 2/3 kamar (apartemen tanpa security guard) = S$(900-1300)

–        Sewa apartemen 2/3 kamar = S$(1500-2000)

–        Sewa condo 2/3 kamar (apartemen+sport facilities) = S$(1500-3000)

–        S ewa terrace house (rumah tanah) = S$(2000-2500)

–        Sewa kamar (bujang) = S$(200-300)

–        Listrik+air+gas+telpon+internet+transport (normal) = S$(250-300)

–        Cicilan mobil (kalo perlu) = S$(600-800)

–        Rekreasi (kalo perlu) = S$(150-200)

–        Makan (sederhana) = S$(600-800)

–        Makan (mewah) = terserah Anda……. He…he……)

Ke-lima: Informasi lainnya

Persoalan tempat tinggal adalah masalah vital yang harus Anda perhatika. Dengan adanya linkungan yang nyaman maka akan sangat mempengaruhi psikologi atau kejiwaan Anda dalam menekuni karir baru Anda di Singapura! Untuk masalah tempat tinggal sangat tergantung dari tingkatan keuangan Anda. Jika Anda masih single, mungkin tidak ada salahnya untuk memilih kos sebagai salah satu solusi  cerdas alternatif. Namun jika Anda sudah berkeluarga Anda dapat menyewa kontrakan yang sesuai dengan budget. Untuk informasi mengenai hal ini, mungkin dapat Anda cari di google dengan kata kunci JTC. Karena terlalu panjangan dituliskan di sini.

Kemudian hal lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah persoalan pajak penghasilan dan lainnya yang wajib dibayar dengan uang dari gaji Anda. Namun jangan kuatir, untuk masalah pajak di Singapura rata-rata lebih ringan jika dibandingkan dengan Negara-negara sekelasnya bahkan dengan Indonesia. Sebagai informasi ringan, untuk gaji uang Anda dengan jumlah misalnya S$80,000.- maka pajak yang harus Anda bayarkan adalah sebesar S$4300, dan untuk pemotongan pajak berikutnya adalah sebesar 14% , dan semua ini sangat tergantung dari besarnya jumlah uang gaji yang Anda miliki. Untuk informasi mengenai pajak di Singapura, untuk lebih lengkapnya dapat dilihat di:

http://www.iras.gov.sg

Informasi lain bagi Anda yang ingin mendapatkan pekerjaan di Singapura dalam kategori bukan professional. Sejauh ini kebanyakan yang diterima adalah TKW atau pembantu rumah tangga, dan biasanya adalah wanita. Sedangkan untuk kuli bangunan dan sejenisnya kebanyakan di Singapura banyak memperkerjakan tenaga kerja dari Pakistan, India bahkan Bangladesh. Sedangkan untuk pria Indonesia yang menginginkan jenis pekerjaan ini sangat kecil peluangnya. Hal ini mungkin ada pengalaman pahit yang membuat para pekerja non-profesioanal dari kaum pria Indonesia kurang diterima di Singapura!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: